Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Latar Belakang
Secara geografis ,Indonesia adi antara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Pasifik ( pun terletak di jalur khatulistiwa). Indonesia secara astronomis terletak pada 6ºLU- 11ºLS dan antara 95º BT- 141ºBT. Letak secara astronomis berarti letak berdasarkan garis lintang dan bujur.Indonesia menjadi Negara beriklim tropis, dengan curah hujan yang tinggi, menerima penyinaran matahari sepanjang tahun, dan banyak penguapan sehingga kelembapan udara tinggi.

Poros maritim adalah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antar pulau sehingga arus barang dan jasa berjalan lancar. Ada lima pilar utama yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, yaitu:
1. Pembangunan kembali budaya maritim Indonesia.
2. Komitmen menjaga dan mengelola SDA dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut melalui pengembangan industri perikanan dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utama.
3. Komitmen mendorong pengembangan infrastruktur dan konektifitas maritim dengan membangun tol laut, pelabuhan laut, logistik dan industri perkapalan dan wisata maritim.
4. Diplomasi maritim yang mengajak semua mitra Indonesia untuk bekerja sama pada bidang kelautan.
5. Pembangunan kekuatan pertahanan maritim

Rumusan Masalah

1. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara poros maritim?
2. Bagaimana perkembangan transportasi laut dan perekonomian negara terkait Indonesia sebagai negara poros maritim?
3. Berapa luas wilayah Indonesia berdasarkan BIG?
4. Di mana letak dan batas-batas wilayah Negara Indonesia?
Pembahasan
1. Lokasi
a. Astronomis:  6º LU-11ºLS dan 95º BT-141ºBT.
Dampak positif:
  • Indonesia relatif aman dari bencana alam angin siklon (angin yang geraknya berputar ke dalam mengelilingi daerah tekanan minimum)
  • Energi matahari banyak diterima sehingga kesuburan flora dan fauna sangat baik
  • Tiga pembagian waktu (WIB,WITA,WIT)
Dampak negatif:
  • Iklim tropis menyebabkan kemarau yang sangat kering sehingga rawan kebakaran
  • Banyak gempa bumi karena Indonesia terletak di jalur patahan lempeng kerak dunia/ring of fire sehingga banyak gunung berapi sehingga banyak terjadi gempa
b. Geografis : Negara ini diapit oleh Benua Asia dan Australia.
Untuk batas perairannya diapit oleh Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.
Dampak:
  • Musim Hujan: (Oktober- April)
 Angin Muson Barat bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan benua Australia sedang mengalami musim panas, berakibat pada tekanan minimum dan benua Asia lebih dingin, berakibat memiliki tekanan maksimum dan bersifat basah sehingga membawa musim hujan/penghujan.
  • Musim Kemarau: (April-Oktober) 
Angin Muson Timur bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan benua Australia mengalami musim dingin, sehingga memiliki tekanan maksimum dan Benua Asia lebih panas, sehingga memiliki tekanan minimum. Angin ini bersifat kering yang mengakibatkan wilayah Indonesia mengalami musim kering/kemarau. Bertiupnya angin ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara di belahan bumi selatan dan utara. Pada saat itu di belahan bumi selatan sedang musim dingin, sehingga menyebabkan tekanan di selatan lebih tinggi dari pada utara. Hal ini menyebabkan angin bertiup dari selatan (Australia) ke utara menuju Asia melewati Indonesia. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum, sehingga angin bertiup dari benua Australia menuju benua Asia, dan karena menuju utara Khatulistiwa/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kanan. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau akibat angin tersebut melalui gurun pasir di bagian utara Australia yang kering dan hanya melalui lautan yang sempit.
c. Letak Geologis : Letak geologis adalah letak suatu wilayah melihat keadaan geologinya. Berdasarkan keadaan geologinya, kepulauan di Indonesia dapat dikategorikan menjadi 3 daerah yaitu:
1. Daerah dangkalan Sunda
2. Daerah dangkalan Sahul
3. Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul
Indonesia bagian barat merupakan bagian dari Benua Asia, Indonesia bagian timur merupakan bagian dari Benua Australia, sedangkan Indonesia bagian tengah merupakan peralihan yang disebut daerah Wallace. Dilihat dari segi jalur pegunungan yang ada, kepulauan Indonesia terletak di antara dua rangkaian pegunungan muda. Pegunungan di Indonesia bagian barat merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Mediterania, sedangkan pegunungan Indonesia bagian timur merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik.


Dampaknya:


  •  Kepulauan Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif.
  •  Laut di bagian Indonesia barat dan lndonesia timur dangkal, di Indonesia tengah lautnya dalam.
  •  Indonesia menyimpan banyak barang tambang mineral
  • Wilayah Indonesta termasuk daerah yang labil dan sering mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik
  • Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik


2. Batas Wilayah
a. Batas wilayah darat: 
Utara: Di pulau Kalimantan berbatasan langsung dengan Malaysia (Malaysia bagian timur) dan berarti Malaysia ini berbatasan dengan batas wilayah darat Indonesia.


Timur: Provinsi Papua yang berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah barat  : Provinsi Barat (Fly), Provinsi Sepik Barat (Sandaun).
Selatan: Timor Leste
b. Batas wilayah laut:
Utara: Perairan Malaysia, Singapura,Thailand,Vietnam,dan Filipina
Timur: Samudera Pasifik
Barat: Samudera Hindia dan Perairan Negara India
Selatan: Samudera Hindia dan Perairan Australia
3. Luas wilayah Indonesia berdasarkan  BIG pada 8 Agustus 2018 adalah sebagai berikut





4. Karakteristik wilayah perairan di Indonesia

Zona pelagik horizontal:
- Zona neritik: perairan di atas paparan benua
-Zona oseanik: perairan terbuka seperti samudera

Zona pelagik vertikal:
-Zona fotik: perairan pelagik yang mendapatkan cahaya matahari = 100-500 meter
-Zona afotik (meso pelagik, bati pelagik, abisal pelagik, hadal pelagik): tidak tertembus cahaya matahari.

Morfologi Laut:
- Basin: cekungan luas di dasar laut yang berbetnuk lonjong
- Palung: cekungan laut dalam yang memanjang di dasar laut
- Rise: punggung di dasar laut berbentuk kerucut
- Ridge: punggung di dasar laut berbentuk agak datar
- Seamount: gunung laut

a. Paparan Sunda


Merupakan paparan benua terluas di dunia (1,8 juta km persegi), menghubungkan Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan daratan Sumatera. Namun pada zaman interglasial esnya mencair sehingga paparan Sunda terendam dan membentuk Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

b. Paparan Arafura Sahul


Merupakan paparan yang menghubungkan Pulau Papua, Kepulauan Aru, da Australia.


5. Karakteristik wilayah daratan di Indonesia


Pertumbukan Lempeng hasilkan:

a. Jalur pegunungan dari kelanjutan pegunungan dunia, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik
b. Rangkaian kepulauan di Sumatera Barat(P. Simeulue,Nias,Siberut,Enggano).
c. Membentuk daratan dari hasil proses pengangkatan dasar laut (Peg. Jayawijaya, Maros, Sewu, Padalarang)
d. Membentuk jalur - jalur patahan yang berpotensi menjadi gempa bumi
e. Zona tumbukan tektonik membentuk jalur gunung api aktif

6. Perkembangan transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia


Pada zaman kerjaan telah mengenal jalur transportasi laut. Pada masa lampau pernah terjadi migrasi, yaitu perpindahan penduduk dari satu negeri ke negeri lain. Orang India dan Cina datang ke Indonesia dengan berbagai maksud, umumnya untuk berdagang. Perjalanan mereka ke Indonesia menggunakan perahu.

Berawal dari pelayaran pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yg dilakukan oleh Laksamana Cheng Ho. pada abad ke-16, Laksamana Cheng Ho melakukan pelayaran dari Tiongkok ke Samudra Hindia melewati Kepulauan Indonesia Bagian Barat, sampai ke Timur Tengah dan Pantai Timur Afrika dengan tujuan ekspedisi laut
Malaka menjadi salah satu bagian yang merupakan jaringan terbesar kala itu yang disebut dengan jalur sutra.


7. Potensi sumber daya kelautan di Indonesia
a. Sumber daya perikanan
Laut Indonesia memiliki luas lebih kurang 5,8 juta km2 dengan garis pantai sepanjang 81.000 km, dengan potensi sumberdaya ikan diperkirakan sebesar 6,4 juta ton per tahun yang tersebar di perairan wilayah Indonesia dan perairan ZEEI (Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia), yang terbagi dalam sembilan wilayah perairan utama Indonesia.
Di samping itu terdapat potensi pengembangan untuk budidaya laut terdiri dari budidaya ikan (antara lain kakap, kerapu, dan gobia), budidaya moluska (kerang-kerangan, mutiara, dan teripang), dan budidaya rumput laut, dan bioteknologi kelautan untuk pengembangan industri bioteknologi kelautan seperti industri bahan baku untuk makanan, industri bahan pakan alami, benih ikan dan udang, industri bahan pangan.



b. Pariwisata bahari
Objek wisata: wisata alampantai dan pulau-pulau kecil, keanekaragaman flora dan fauna, wisata budaya masyarakat pesisir, dan wisata olahraga.

Sumber daya hayati bahari: terumbu karang, ikan hias, padang lamun, hutan mangrove, keunikan bentang alam pesisir(pantai pasir putih, pantai tebing terjal, pantai berbatu)

daya tarik wisata seperti penyediaan akomodasi, penyelenggara kegiatan liburan dan rekreasi, jasa transportasi wisata, jasa makanan minuman, jasa informasi wisata, jasa konsultan pariwisata, dan spa.

Indonesia disebut negara poros maritim karena:
1. Keanekaragaman hayati laut
2. Merupakan negara kepulauan terbesar, kurang lebih 17 ribu pulau
3. Letak yang strategis yaitu di antara dua benua dan pantai
4. Potensi pangan di bidang perikanan
5. Potensi sumber daya energi dan mineral

 Perkembangan transportasi laut dan perdagangan sebagai poros maritim dunia
 Indonesia memiliki 4 chokepoint dari 10 chokepoint di seluruh dunia. Keempat chokepoint tersebut berada di Selat Malaka (antara dataran Asia dan Pulau Sumatera), Selat Sunda (antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa), Selat Lombok (antara Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat), dan Selat Ombai-Wetar (antara Pulau Alor dan dataran Sunda Kecil).

                                                      penjelasan checkpoint


Selain empat lokasi tersebut, berikut ini adalah berbagai jalur transportasi dan perdagangan internasional Indonesia saat ini:
  1. Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) adalah alur laut yang ditetapkan sebagai alur untuk pelaksanaan Hak Lintas Alur Laut Kepulauan berdasarkan konvensi hukum laut internasional. Di Indonesia, terdapat ALKI I (Selat Sunda), ALKI II (Selat Lombok), dan ALKI III (Selat Ombai-Wetar).
  2. Indonesia terletak pada posisi silang di antara Benua Asia dan Australia, serta di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Lokasi ini menguntungkan Indonesia karena menjadi inti jalur perdagangan lalu lintas dunia dan menjadi jalur transportasi negara-negara lain.
  3. Jalur laut adalah jalur yang paling efisien untuk mengangkut barang dalam jumlah besar.



4. Indonesia terletak di jalur strategis perdagangan internasional yang disebut jalur sutra laut, yaitu dari Tiongkok dan Indonesia, melalui Selat Malaka ke India.
5. Berkaitan dengan jalur perdagangan laut, pemerintah Indonesia memiliki rencana membangun tol laut. Tujuannya adalah untuk meratakan distribusi orang, barang maupun jasa melalui jalur laut ke seluruh Indonesia dengan biaya terjangkau dan efisien. Tol Laut merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Republik IndonesiaJoko Widodo. Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara. Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok. Selain hal itu, pemerataan harga Logistik setiap barang di seluruh wilayah Indonesia. Seperti dikutip dari pidato Presiden Jokowi, 5 April 2016. 

                                                   konsep tol laut


Kesimpulan dan Saran

Dengan dibahasnya seluk beluk Indonesia sebagai poros maritim dunia yang lautannya begitu kaya dan membawa benefit bagi perekonomian masyarakat, hal-hal yang bisa dilakukan oleh Indonesia demi mendukung kelangsungan dan perkembangan negara sebagai poros maritim dunia adalah: 

pertama adalah komitmen untuk membangun kembali budaya maritim. Karena Indonesia mempunyai sejarah kejayaan maritim.

kedua ialah komitmen untuk menjaga dan mengelola sumber daya laut dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut. Melalui pengembangan industri perikanan dengan nelayan sebagai pilar utama.

ketiga ialah komitmen untuk mendorong pengembangan infrastuktur dgn membangun konektifitas laut dengan membangun tol laut, pelabuhan laut, logistik dan industri perkapalan serta pariwisata maritim.

keempat adalah diplomasi maritim dengan mengajak semua mitra Indonesia untuk bekerja sama. Hal ini pun berbalik kepada masyarakatnya sendiri. Sebaiknya masyarakat pun mulai sadar dan menjaga lautan serta seluruh keberagaman dan kekayaannya dapat dieksplorasi/dieksploitasikan secara bijaksana. Bukan hanya pemerintah saja yang turut bekerja

kelima adalah kekuatan laut. Dengan wilayah laut yang cukup luas, Indonesia membutuhkan kekuatan yang cukup memadai pada TNI AL.
Daftar Pusaka
http://reginaphasya.blogspot.com/2016/09/posisi-strategis-indonesia-sebagai_10.html 
http://mynewadindajuniar.blogspot.com/2016/08/posisi-strategis-indonesia-sebagai.html
https://www.gurugeografi.id/2018/07/arti-posisi-strategis-indonesia-sebagai.html
https://www.scribd.com/document/355309128/rangkuman-Posisi-Strategis-Indonesia-Sebagai-Poros-Maritim-Dunia-Autosaved-docx
http://materi4belajar.blogspot.com/2017/02/penyebab-kenapa-indonesia-disebut.html
https://plus.google.com/104415337244817366733/posts/d36yw2qfqbS
https://news.detik.com/berita/3096510/5-langkah-indonesia-menuju-poros-maritim-dunia
http://mynewadindajuniar.blogspot.com/
http://sistempemerintahan-indonesia.blogspot.com/2013/12/letak-astronomis-indonesia-posisi.html
http://tanyatugas.com/letak-astronomis-indonesia-pengaruh-geografis-dan-geologis/
https://www.eduspensa.id/batas-batas-wilayah-negara-indonesia/#a
https://id.wikipedia.org/wiki/Muson
http://e-geoilmu.blogspot.com/2017/08/perkembangan-jalur-transportasi-dan.html
http://presidenri.go.id/berita-aktual/indonesia-sebagai-poros-maritim-dunia.html
http://www.beritasatu.com/nasional/203833-tujuh-alasan-kenapa-indonesia-harus-jadi-poros-maritim-dunia.html
https://blog.ruangguru.com/perkembangan-jalur-transportasi-dan-perdagangan-internasional-indonesia
https://brainly.co.id/tugas/11485916
https://www.google.co.id/search?safe=strict&biw=1366&bih=613&tbm=isch&sa=1&ei=9RJ8W6GYEovqvgT4toDABg&q=paparan+sunda&oq=paparan+sunda&gs_l=img.3..0l2j0i5i30k1j0i24k1l4.3854.4728.0.5145.10.5.0.0.0.0.119.403.3j2.5.0....0...1c.1.64.img..8.2.181...0i8i30k1.0.Nb_DuZv9XXo#imgrc=6Dnvi6-uq3ACbM:
https://www.google.co.id/search?safe=strict&biw=1366&bih=613&tbm=isch&sa=1&ei=9RJ8W6GYEovqvgT4toDABg&q=paparan+sunda&oq=paparan+sunda&gs_l=img.3..0l2j0i5i30k1j0i24k1l4.3854.4728.0.5145.10.5.0.0.0.0.119.403.3j2.5.0....0...1c.1.64.img..8.2.181...0i8i30k1.0.Nb_DuZv9XXo#imgrc=50nQraDUWSzPHM: dan
Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Geografi 2

Comments

Post a Comment